Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muria Kudus Tahun Akademik 2024/2025

UMK – Unit Pelaksana Teknis Penerimaan Mahasiswa Baru (UPT PMB) Universitas Muria Kudus (UMK) membuka penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik (TA) 2024/2025 melalui beberapa jalur seleksi.

Pertama, yakni seleksi jalur rapor (SJR). Dimana calon mahasiswa yang mempunyai rata-rata nilai rapor semester I s/d IV minimal 75 (dalam skala 100) akan dapat diterima tanpa tes.

Kemudian, seleksi jalur tes computer atau Computer Based Test (CBT). CBT ini dilaksanakan pada saat mendaftar dengan materi pengetahuan umum, bahasa inggris, matematika, potensi akademik, dan psikotes atau tes kepribadian.

Selanjutnya, ada jalur seleksi bebas tes (SBT) atau dengan menggunakan nilai akademik. SBT ini diperuntukkan untuk calon mahasiswa yang memiliki rata-rata nilai ijazah / SKL (Surat Keterangan Lulus) minimal 75 (dalam skala 100).

Selain SBT nilai akademik, terdapat pula SBT keorganisasian dan prestasi seni/olahraga. Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang aktif di organisasi sekolah, seperti OSIS, Pramuka, KIR dan sejenisnya.

Selain itu, jalur SBT keorganisasian dan prestasi seni/olahraga juga diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang aktif di organisasi kepemudaan seperti karang taruna, remaja masjid, dan sejenisnya. Serta bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi seni/olahraga minimal tingkat kecamatan/kabupaten.

Berikutnya ada jalur SBT jalur kerjasama kelembagaan. Dimana jalur ini diperuntukkan untuk calon mahasiswa yang mendapatkan beasiswa jalur kerjasama kelembagaan.

Terakhir, ada jalur seleksi mahasiswa pindahan atau mahasiswa transfer. Jalur ini bagi mahasiswa pindahan atau transfer dari perguruan tinggi atau yang telah lulus program diploma dengan sejumlah ketentuan.

Antara lain, kesesuaian program program studi asal dengan program studi tujuan yang ada di Universitas Muria Kudus. Serta akreditasi dari program studi asal minimal sama dengan program studi tujuan yang ada di Universitas Muria Kudus atau lebih baik. (PMB-UMK)